Web Agama microsoft office
Cerpen puisi biografi

Senin, 14 April 2014

cerpen



“A TRIP TO THE BEACH ANYER”
By: Resty sukmawati
           
Dhea terbangun dalam heningnya malam dikamar nya dan dia membuka matanya yang berat banget untuk melihat paginya hari ini ketika dia melihat jam yang terletak di dinding kamar nya dan melihat jarum jam pendek mengarah ke angka 3 dan jarum jam panjang ke angka 12 ternyata sudah jam 03:00 dini hari, dia langsungbergegas bangun walaupun sangat berat untukmembukamatanya tapi dia harus bangun dan mengalahkan syetan yang jelek yang mencoba menggoda nya, kaki nya melangkah menuju toilet untuk mengambil air wudhu dan melaksanakan shalat tahajud. Rakaat demi rakaat dia laksanakan setelah selesai, dia berdo’a kepada ALLAH“ya ALLAH berilah saya kelancaran untuk memulai hari ini dan selalu di lindungi dari godaan syetan yang terkutuk amieeennn”.

Selesai itu dia mengambil kitab suci Al-Qur’an dan membaca ayat demi ayat sambil menunggu adzan shubuh tiba, tapi karena masih lama menunggu dhea terlelap yang masih dalam balutan mukena dan tertidur di atas sajadah dan berbaring yang begitu nyamannya. Tersadar ternyata ibunya membangunkan dhea dari tadi ketika dhea terlelap tidur.
            “dhe dhe bangun” kata ibunya
( sambil mengusap-usap kepalanya )
            “ bangun dhe sudah subuh “ujar ibu
            ”huaayyyy iya bu bentar tunggu 5 menit lagi“
            “Eitttssssss sudah subuh ambil wudhu dulu sana terus shalat shubuh”
ucapibu
            “Huaaaaammmmm iya ibu”
Dan dhea pun bergegas ke kamar mandi untuk mengambil wudhu dan meletekkan mukena nya di atas sajadah.
            “Brrrrrrrrr kerasa dinginnya ni air, air sumur atau air es ya ini dingin banget perasaan, tapi ya sudah lah tahan aja dah
.
            Dandhea pun pergi ke kamar untuk melaksanakan shalat shubuh di sambung sebentar untukmembaca ayat suci Al-Qur’an. Sehabis itu dhea pergi untuk mandi karena harus bersiap-siap untuk pergi ke acara sekolah yaitu “A Trip To The Beach Anyer”.
            “Mendengar kata Pantai Anyer sungguh senangnya hatiku haha... lebay kellesss. Sekilas tentang Pantai Anyer”.
            “ Pantai Anyer dengan pasir putih yang indah serta sejuknya hamparan laut biru membuat para wisatawan terpesona dengan keindahan panoramanya. Anyer merupakan objek wisata terkenal di Banten yang selalu ramai dikunjungi setiap minggunya. Berbagai fasilitas tersedia disini dimulai dari Hotel, Transportasi, Rumah Makan, Aneka Permainan dan Fasilitas lain”.
            “Byuuuurrrrr terasa mandi di Kutub Utara hehe” ... Oia nama aku Dhea Anastasya aku lahir di Bogor  pada tanggal 5 Agustus 1994 aku anak ke-4 dari 5 bersaudara,dan akutinggal bersama Orangtua dan saudara-saudara ku
.
            Setelah mandi
Dhea mengenakan baju sekolah yaitu baju Olahraga karena dari pihak sekolah di haruskan menggunakan baju Olahraga. Dan persiapan bekal, baju ganti, peralatan mandi dan mukena pun sudah di persiapkan tadi malam.
            ”dhe mau berangkat jam berapa?” ucap ayah,
            “ bentar lagi yah lagi siap-siap dulu”.
Jarum jam sudah menunjukkan jam 06:00,
            “waaaahhhh sudah siang juga bisa-bisa telat nie, cepat cepat ahh”
            “ Dhe cepat-cepat sudah siang, sarapan dulu ni sudah di siapain makanannya” ujar ibu
            ”Iya bu
sebentar lagi”.
Dan
dheamelahap sendok demi sendok makanan yang sudah di siapkan olehibunya tercinta yang begitu lezatooosss kata diasendirihehe.
           
Brummm brummm brummm” ( Suara kendaraan tua yang terdengar di teras depan rumah yang begitu menyekitkan telinganya yang terdapat tulisan“Supra Fit” yang di balut dengan perpaduan warna merah dan hitam di pinggir badan motor). Maklum saja motor ayah dheaini sudah tua jadi suaranya ya kaya gitu, tapi sungguh banyak cerita yang bisa di kenang dheadari motor ayahnyaini. Dari yang menyedihkan sampai yang  menyenangkan. Oia tau enggak cumandhea doang loh yang belum bisa mengendarai motor, kakak dan adenya sudah pada bisa dhea males kalau di suruh belajar motorkarenabelumpanasnya dan takut jatuh juga .
            Dan dhea bergegas
menaiki motorkarenaayahnyasudahmenunggu dheadi terasrumahuntuk mengantarke sekolah, tidak lupa dia menggunakan jaket karena cuacanya sangat dingin dan perjalanan lumayan jauh kurang lebih 45 menit untuk sampai ke sekolahan, dhea mengenakan kecamata berwarna hitam untuk melindungi matanya. Sebelum menaiki motor dhea tidak lupa meminta do’a dari ibu nya.
            “bu aku berangkat dulu ya ( sambil menarik tangan ibu dan menciumnya ) do’ain aku supaya selamat di perjalanan”
            “ iya dhe hati-hati di jalan jangan lupa baca bismillah dulu supaya selamat di perjalanan” ujar ibu
            “ iya ibu makasih, assalamu’alaikum warrohmatullohiwabarokatuh”
            “ walaikumsalam warrohmatullohiwabarokatuh”
ujaribu
            “ sudahsiap?” ucap ayah
            “ iya siap yah”
Dhea dan ayahnya pun berangkat tidak lupa mereka mengucapkan bismillahirrohmaanirrohim. Dan di perjalanan sangat lah dingin karena letak rumah dheaterletak di Kaki Gunung Salak jadi udaranya itu masih alami dan sejuk. Sesampai di sekolahan teman-teman dhea sudah nongkrong saja
sambilmenunggu bus, Guru-guru dan teman-teman yang lain. Dhea meminta do’a kepada ayahnya. Dan Ayahnya langsung pulang dan meninggalkan sekolah. Dhea langsung menghampiri teman-temannya yaitu Evi dan Anita.
            “ hay teman-teman rajin banget jam segini sudah pada dateng hehe” ujar Dhea
            “ iya lah emangnya kamu”. ucap Evi
            “iya nie mentang-mentang jauh jadi di lama-lamain” ucap Anita
            “ hehe biasa macet jadi lama”
            “macet gimana jam segini masih pagi kellless masa sudah macet” ujarEvi
            “hehe iya sih”.
Ujardhea
            “btw ( bay the way in the baswey ) kita foto-foto dulu yu.?”ucap Anita
            “ayo buat kenang-kenangan”. ujar Evi
Jepret jepret jepret suara dari hp dhea yang di pakai
untukfoto-foto.
            “bagus-bagus juga fotonya” ujar Anita
            “yaiyalah pasti bagus kan ada gue hehe” ujar Evi
            “dihh gubraakkk hehe” ujar Dhea
Akhirnya Guru-guru dan Siswa/siswi sudah berkumpul di depan gedung sekolah. Dan tak lama kemudian Busnya pun datang dengan tulisan “Bus Pariwisata”.
Dan sebelum semua naik Bus Siswa/siswi di absent terlebih dahulu. Satu persatu di sebut nama-namanya dan satu persatu naik ke dalam Bus. Dhea duduk bertiga bersama sahabat-sahabat nya, mereka sengaja duduk di bangku yang berkursi 3.
            “alhamdulillah akhirnya datang juga ini bus” ujar Dhea
            “hehe iya ni sudah tidak sabar pengen cepat berangkat” ujar Evi
            “iya iya betul pasti tempatnya mengasikkan deh” ujar Anita
            “so pasti lah kita jalan-jalan ke Anyer gituuuu”ujar Evi
            “iya jarang-jarang kan kita jalan bareng kaya gini dan buat perpisahan juga kan” ujar Dhea.
            “iya mudah-mudahan saja hari ini menjadi berkesan untuk kita yang tidak bisa terlupakan untuk kita” ucap Anita
            “iya dan mudah-mudahan
jugakita selamat ke tempat tujuan amieeeennn” ucap Evi
Tak lama kemudian busnya pun sudah bersiap-siap untuk berangkat dan semua penumpang sudah menaiki bus. Busnya pun bergetar tanda sudah berjalan tepatnya pada jam 06:00 tidak lupa sebelum berangkat mereka mengucapkan bismillahirrohmaanirrohim. Dan berangkat, suasana di perjalanan sangat mengasikkan kami bernyanyi bersama, besenang-senang dan ada juga yang mendengarkan musik, ada yang foto-foto di dalam bus maklum saja ABG pada eksis-eksis hehe...
            Dan di pertengahan perjalanan dhea dan teman-teman mulai lemas dan mengantuk mungkin karena terlalu bersemangat dan jam di tangan pun menunjukkan jam 11:00 siang, sebagian Siswa/siswi tertidur pulas. Tapi tidak halnya dengan dhea dan teman-teman karena teringat di layar Tv ada acara yang mereka suka yaitu BBF ( Boys Before Flowers ) itu loh film korea yang lagi tren sekarang yang pemainnya ada Kimbum yang paling kyut hehe, Wubin, Kim Hyun Joon, Kim Joon, Lee Min Hoo yaitu sebagaipemeran utama cowo yang rambutnya di permak menjadi keriting dan yang paling cantik yaitu Goo Hye Sun yang memerankan sebagai Geum Jan Di. Dhea
danteman-teman suka banget sama film korea pokoknya tidak pernah bosen-bosen deh.
            “Vie pinjem hp nya dong aku pengen nonton BBF” ujar Dhea
            “iya bentar Dhe” ucap Evi
            “ini Dhe punya aku saja kita nonton bareng” ucap Anita
            Dan akhirnya dhea dan teman-teman menonton bersama sampai selesai kurang lebih 1 jam mereka menonton. Setelah itu mungkin karena mata merekakelelahan dan mulai mengantuk juga mereka bertiga pun terlelap tidur. Sampai akhirnya sampai di Banten tapi masih lama juga sampainya, ketika itu jam tangan menunjukan jam 14:00 dan sampai disini busnya pun berhenti dan tidak bergerak dheabaru sadar bahwa jalannya cuman ada 1 arah karena sedang di renovasi sehingga terjadilah macet panjang
dheadanteman-teman semua sudah merasa kesal dan tidak sabar untuk sampai ke tempat tujuan, dheajengkel banget kenapa harus macet panjang, perjalanan masih lama lagi dan hari sudah mau sore, ga bakalan ada waktu banyak ni untuk di “Beach Anyer”.
Sebagian anak laki-laki turun dari bus memutuskan untuk berjalan kaki ke depan dan sekalian mencari makanan. Karena mungkin stok makanannya sudah habis jadi pada kelaperan.
Waktu sudah menunjukkan jam 15:00 tapi masih saja macet.
            “ini macet kapan selesainya sih lama bener” ujar Anita
            “iya ini udah bete saja ni”ujar Evi
            “iya sabar-sabar mending kita bobo lagi hehe” ucap Dhea
            “haha bisa aja kamu Dhe”ujar Anita
            “iya
ayomending tidur lagi saja lah sambil nunggu macet hehe”ucap Evi
            Dhea dan teman-teman semua kembali tidur dan dhea meletakkan handsfreenya di telinga dan mendengarkan musik-musik yang dia suka seperti musik K-Pop. Dan anak laki-laki pun sudah kembali ke bus.
Tidak lama kemudian dhea terbangun dan melihat keluar jendela hari semakin sore dan jam ditangan menunjukkan jam 16:00 dan terdengar pengumuman dari salah seorang Guru.
            “perhatian anak-anak kita sebentar lagi akan sampai ke tempat tujuan yaitu “BeachAnyer” ujar Guru dhea
            “berapa menit lagi pak kira-kira.?” Ujar Reki ( salah satu teman dhea)
            “ mungkin kurang lebih 20 menit lagi” ujar Guru
            “ya itu mah masih lama pak”ujar Reki
            “iya yang sabar saja” ucap Guru
            Dan kurang lebih menunggu 20 menit rombongan dheapun sampai di tempat tujuan yaitu di “beachanyer” dan busnya pun menuju parkiran dan parkir di parkiran khusus bus. Dan setelah berhenti mereka pun turun dari bus satu persatu dan apa yang terjadi hehe mereka semua langsung menuju Pantai dan langsung foto-foto maklum
merekatuh anak eksis hehe. Dhea dan teman-teman langsung ke pusat pernak-pernik dan melihat-lihat yang menurut mereka menarik. Dan melihat baju-baju, inilah yang paling mereka suka yaitu shopping baju, dan sambil cuci mata juga hehe tapi salah satu teman dhea memanggil untuk berkumpul. Dan mereka pun berkumpul dan mendengarkan sambutan dari guru-guru. Setelah itu mereka semua langsung terjun ke Laut dan bermain air, ada yang naik Banana Boat, foto-foto bersama guru-guru.
            Sungguh
mungkinini moment yang tidak bisa terlupakan oleh dhea, teman-teman dan para guru-guru. Di sini mereka bersenang-senang dan menikmati liburan mereka walaupun waktunya hanya sedikit karena waktunya sudah habis di perjalanan tadi. Tapi mereka tetap senang karena bisa bersenang-senang bersama dan terjalin kekeluargaan yang semakin erat. Sesudah main di pantai mereka semua langsung menyiapkan tikar yang telah di sewa oleh pihak guru mereka disini makan bersama dan banyak beraneka macam makanan yang dheadanteman-teman bawa dari rumah.
            Waktu menunjukkan jam 18:05 dan adzan magrib pun berkumandang di rumah Allah terdekat ( Masjid ). Selesai makan mereka semua bersiap-siap untuk membersihkan diri dan melaksanakan shalat Magrib. Setelah semuanya selesai mereka semua melanjutkan untuk mencari oleh-oleh untuk di berikan kepada sodara-sodara. Dhea membeli gelang di salah satu toko pernak-pernik disini.
            “Maaf bu ini harganya berapa?” ucap Dhea ( dhea menunjuk sebuah gelang berbentuk bulat dan terdapat bling-bling di talinya ).
            “oh yang itu harganya RP.5000 ” jawab Pedagang
            “oh aku beli bu 3 ja tapi gak bisa kurang bu? Hehe nawar dikit ( sambil senyum-senyum) ”ucap Dhea
            “segitu sudah mentok de” jawab Pedagang
            “oh gitu, yaudah bu tidak apa-apa” ucap Dhea
            “mau di kasih nama tidak harganya tetap segitu? Ucap Pedagang
            “emang bisa bu dikasih nama?” jawab Dhea
            “iya bisa. Ok tapi dalam pengerjaannya lumayan lama” ucap Pedagang
            “oh iya tidak apa-apa bu” ucap Dhea
            Sambil menunggu gelangnya selesai dhea dan teman-teman melihat ke tempat lain. Dan di sebelah kiri terihat ada sebuah toko baju dan mereka langsung menghampiri toko baju itu. Dhea tak akan lupa dan tidak akan pernah lupa kalau soal shopping baju hehe
Dheadan teman-teman membeli baju khas “Beach Anyer” baju yang dia pilih yaitu baju yang berwarna biru dan membeli baju gamis warna biru juga. Setelah mereka selesai berbelanja mereka di panggil oleh pihak guru untuk segera berkumpul kembali. Karena masih ada acara yaitu nama acaranya “Tuker-Tukeran Kado” semua benda yang telah di siapkan terus diberi pembungkus mau dari koran dari kertas kado semua di kumpulkan di tengah-tengah karena posisi kita saat itu yaitu berdiri melingkar.
            “ok anak-anak sesuai janji kita waktu kemaren kita di wajibkan untuk membuat kado untuk menyempurnakan acara ini.”ucap Guru
            Dan semua kado yang telah di siapkan Siswa/siswi dan para Guru di kumpulkan. Dan mereka di absent dan maju kedepan untuk mengambil kado yang mereka pilih. Semua Siswa/siswi sudah mendapatkan semua dan disini kami bersiap untuk membuka kado itu. Taraaaaaaaa jreng jreng hehe
            “Vie kado kamu apa isinya? ucap Dhea
            “belum tau ni bungkusnya banyak banget berlipat-lipat yang buat kado ngerjain aku.” ucap Evi
            “oh hehe, kamu Nit apa isi kadomu” ucap Dhea
            “punya aku ni isinya bingkai berwarna pink, kamu isinya apa Dhe?” ujar Anita
            “yaaaa aku kurang beruntung masa isi kadonya sabun sih” jawab Dhea
            “hehe sabar-sabar Dhe, kagak niat banget itu yang bikin kado” ucap Evi
            “bukan kagak niat kali karna kagak punya duit haha” ucap Anita
            “hehe bisa saja kamu Nit?” ucap Dhea
            Setelah acara “Tuker-Tukeran Kado” selesai kami besiap-siap untuk pulang dan jam menunjukkan pukul 19:30. Sebelum kami menaiki bus kami di absent terlebih dahulu dan satu persatu menaiki bus. Setelah kami berada didalam bus dan bus sudah berjalan untuk menuju pulang, dan kami ber-3 duduk dan membicarakan acara hari ini.
            “alhamdulillah ya sesuatu hehe” ucap Dhea
            “kenapa kamu Dhe?” ujarEvi
            “hehe kagak kenapa-kenapa senang saja hari ini” jawab Dhea
            “iya ya meskipun kita hanya sebentar di “BeachAnyer”tapi momentnya dapet banget” ucap Anita
            “yaiyalah pastinya, kan ada aku che imoet-imoet chabby hehe”ucap Evi
            “dichhh lebayyy banget ciiihh hehe, tapi bener banget kata Anita” ujar Dhea
            “hehe iya dong, alhamdulillah banget ya” ucap Anita
            Sesampai di pertengahan perjalanan bus pun berhenti di depan sebuah toko jajanan oleh-oleh khas Anyer disini terdapat jajanan, hiasan-hiasan, pernak-pernik, tas, baju, dan banyak lagi.Dhea hanya membeli jajanan dua macam doang untuk orang rumah. Karena sudah tipis banget kantongnya hehe.
            Dan mereka pun melanjutkan perjalanan menuju pulang dan sudah tidak aneh di perjalanan dhea dan rombongan terjebak macet lagi dan mereka semua sampai di sekolahan pada waktu shubuh yaitu sekitar jam 04:30. Dan dhea menghubungi orang rumah untuk meminta jemput kepada ayahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar